Rekomendasi fitur Telegram untuk guru dan pelajar

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 25 Nov 2022 13:03 WIB

Dalam rangka Hari Guru Nasional, berikut Tek.id bagikan rekomendasi fitur-fitur di Telegram yang bermanfaat untuk guru dan pelajar.

Source: Pixabay

Pandemi telah memaksa guru serta muridnya beradaptasi dengan cara belajar baru yang serba online. Meskipun sekarang sudah diterapkan belajar hybrid (online+offline), namun penggunaan teknologi selama pembatasan sosial Covid-19 kala itu terus digunakan hingga saat ini.

Guru, dosen, dan pelajar mengintegrasikan teknologi dalam proses belajar mengajar mereka untuk mengelola bahan belajar, meningkatkan produktivitas, dan memastikan pemahaman yang lebih baik antar murid. Dan Telegram menjadi salah satu alat penyokong kegiatan tersebut.

Telegram memiliki beberapa fitur yang memungkinkan otomatisasi, manajemen tugas, dan interaksi yang lancar dalam membantu kegiatan belajar mengajar guru dan pelajar. Fitur ini antara lain pengatur pengingat, bot file converter, transkrip audio, dan kelas online.

Bot file converter mungkin merupakan salah satu fitur yang paling penting bagi pelajar maupun guru. Lewat chat bot ini, pengguna dapat mengubah file apapun ke jenis yang diinginkan, misalnya file PDF menjadi Word. Untuk menggunakan bot, Sahabat Tek bisa melihat tutorial di bawah ini.