Reels kini hadir di Facebook dengan fitur-fitur baru

Oleh: Zhafira Chlistina - Rabu, 23 Feb 2022 10:25 WIB

CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan Reels adalah format konten paling populer di platform dan kini diperluas ke seluruh pengguna Facebook, termasuk Indonesia.

Source: Meta

CEO Meta Mark Zuckerberg resmi merilis Facebook Reels secara global. Fitur video pendek ini pertama kali hadir di Instagram pada 2020, disusul Facebook satu tahun kemudian. Namun, Facebook Reels saat itu hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat. Kini, fitur itu sudah diluncurkan untuk150 negara, termasuk Indonesia.

“Reels sudah menjadi format konten kami yang paling cepat berkembang sejauh ini, dan hari ini kami membuatnya tersedia untuk semua orang di Facebook secara global,” kata Zuckerberg dalam unggahannya di Facebook.

Zuckerberg juga menyatakan ingin menjadikan Reels sebagai tempat para kreator terhubung dengan komunitasnya. Untuk itu, perusahaan menghadirkan fitur baru di Facebook Reels yang memungkinkan kreator menghasilkan uang. Fitur monetisasi ini berupa iklan banner yang terdapat di bagian bawah video dan iklan stiker yang dapat ditempatkan di mana saja oleh kreator. 

Namun, fitur monetisasi saat ini hanya hadir untuk wilayah AS, Kanada, dan Meksiko. Meta mengatakan akan memperluas fitur tersebut ke banyak negara dalam beberapa minggu mendatang.