Rayakan Kartini, DANA dukung emansipasi perempuan di perusahaan

Oleh: Lely Maulida - Sabtu, 24 Apr 2021 12:27 WIB

Jumlah SDM perempuan di DANA terus meningkat dan sejak 2019 sampai sekarang tumbuh 142%, dengan jumlah SDM perempuan mencapai 30% dari total SDM.

Hari Kartini yang jatuh pada 21 April menjadi peringatan istimewa bagi bangsa Indonesia, khususnya perempuan Indonesia. Berkat jasanya memperjuangkan kesetaraan hak bagi kaumnya, perempuan Indonesia kini memiliki kesempatan yang sama dengan kaum pria dalam berbagai bidang. Termasuk dalam sejumlah bidang yang dulu identik dengan kaum pria, seperti teknologi.

Seiring waktu, sudah banyak perempuan-perempuan hebat yang dilahirkan Indonesia, mulai dari atlet, pemimpin perusahaan, menteri bahkan presiden. Lalu, bagaimanakah seharusnya memaknai Hari Kartini di era teknologi digital agar tidak sekadar menjadi seremonial?

Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy DANA mengatakan, untuk meneruskan semangat perjuangan Kartini, perlu dibuka kesempatan yang sebesar-besarnya bagi perempuan, bukan saja dalam hal akses literasi digital tapi juga peluang berkarya di industri digital.

“Saya bersyukur bisa mendapatkan kesempatan berkarir dan menduduki posisi yang cukup strategis di DANA. Saya merasakan, DANA sebagai perusahaan teknologi finansial sangat membuka kesempatan bahkan melakukan empowerment agar perempuan Indonesia bisa maju,” ujarnya dalam diskusi virtual bertajuk “DANA Kartinian: Woman with Impact”.

Agustina menjabarkan, wujud komitmen DANA dalam mendukung emansipasi perempuan bisa dilihat dari sejumlah data. Jumlah sumber daya manusia (SDM) perempuan di DANA terus meningkat dan sejak 2019 sampai sekarang tumbuh 142%, dengan jumlah SDM perempuan yang telah mencapai 30% dari total SDM. Bukan itu saja, perempuan juga banyak yang menempati posisi penting dan strategis di DANA, yaitu 30% di level manajerial dan 40% di level eksekutif.