Qualcomm bakal perkenalkan penerus Snapdragon 8cx

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 26 Jun 2020 13:22 WIB

Qualcomm dikabarkan sedang mempersiapkan penerus prosesor Snapdragon 8cx yang lebih bertenaga dari generasi saat ini.

Snapdragon 8cx

Beberapa tahun lalu, Qualcomm memperkenalkan prosesor Snapdragon 8cx yang ditujukan untuk laptop berbasis Windows. Namun sayang, hingga saat ini masih belum ada laptop resmi yang menggunakan prosesor tersebut.

Namun, Menurut laporan baru, Qualcomm mungkin akan segera memperkenalkan Snapdragon 8cx generasi selanjutnya. Prosesor tersebut diklaim akan memiliki kemampuan yang ditingkatkan jika dibandingkan dengan pendahulunya.

WinFuture (26/6/2020) melaporkan, versi terbaru Snapdragon 8cx akan menyandang nomor model internal SC8180XP. Jika melihat penamaan prosesor smartphone mereka, embel-embel “P” biasanya menandakan bahwa prosesor itu adalah seri “Plus”.

Laporan tersebut menyatakan bahwa Snapdragon 8cx terbaru masih akan menggunakan konfigurasi octa-core. Namun, kecepatan clock akan ditingkatkan dari 2,84 GHz ke 3,15 GHz untuk prosesor “Big” bertenaga mereka.

Sedangkan empat core “Little” alias core irit tenaga mereka akan tetap memiliki kecepatan 1,80 GHz. Untuk GPU, mereka menggunakan GPU Adreno 680 yang akan berjalan di kecepatan 718 MHz.