Punya bos baru, Telkomsel Mitra Inovasi siap perkuat startup

Oleh: Lely Maulida - Kamis, 22 Jul 2021 20:53 WIB

Telkomsel optimis, berbekal pengalaman lebih dari 21 tahun di industri media, telekomunikasi dan teknologi digital, Marlin akan semakin mengukuhkan positioning TMI sebagai mitra startup.

Sebagai anak usaha Telkomsel yang bergerak di bidang permodalan ventura, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), terus berkomitmen mengakselerasi perkembangan startup Tanah Air maupun global. TMI kini hadir dengan semangat baru melalui berbagai perubahan yang dilakukan, salah satunya dengan menunjuk Marlin R. Siahaan sebagai Direktur Utama baru TMI.

Telkomsel optimis, berbekal pengalaman lebih dari 21 tahun di industri media, telekomunikasi dan teknologi digital, Marlin akan semakin mengukuhkan positioning TMI sebagai mitra startup yang memberikan dukungan dalam bentuk pengembangan dan pemberdayaan solusi masa depan melalui dukungan strategic investment yang akurat dan terukur.

Direktur Utama TMI Marlin R. Siahaan mengatakan, “Mendapatkan kesempatan untuk memimpin TMI merupakan sebuah kehormatan sekaligus kebanggan bagi saya pribadi. Tentunya ada banyak hal yang akan dikembangkan TMI ke depannya, baik dari segi strategi maupun kolaborasi sehingga kami bisa lebih luas dalam membuka peluang tanpa batas bagi startup untuk berkembang."

TMI merupakan inisiatif digital Telkomsel yang juga konsisten dalam pemberdayaan digital-preneurs, terutama startup yang memiliki potensi untuk berkembang di Indonesia melalui aksi investasi dan kolaborasi dengan mengoptimalkan ekosistem, aset, dan kompetensi yang dimiliki oleh Telkomsel. Selama ini TMI telah giat mengakselerasi pertumbuhan startup di sektor-sektor tersebut dengan memanfaatkan sumber daya Telkomsel, mengakselerasikan inovasi (accelerate), menyediakan dana tambahan untuk memaksimalkan potensi bisnis (additional funds), serta menghubungkan para startup dengan ekosistem investor lainnya (affiliate).

Dari sekiranya sembilan startup yang sudah mendapatkan investasi pre series dan series A/B melalui TMI, hampir seluruhnya merupakan startup lokal hasil karya anak negeri, yang memiliki potensi pengembangan bisnis digital yang menjanjikan di tiap sektornya. Hingga saat ini TMI telah melakukan investasi sekira USD 40 juta di sejumlah startup yang sedang berkembang pesat di Indonesia, antara lain seperti Kredivo, PrivyID, Qlue, Halodoc, Tanihub, Tada, SiCepat, dan Inspigo.