Prediksi Opensignal jika Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia merger

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 19 Feb 2021 17:29 WIB

Opensignal telah memperkirakan seperti apa pengalaman mobile bagi pengguna jika Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia merger. 

Source: Korn Ferry

Waacana merger Indosat Ooredoo dengan 3 Indonesia santer terdengar belakangan ini. Kedua operator tersebut juga sudah memulai negosiasi penggabungan bisnis perusahaan. Jika kesepakatan itu sukses menghasilkan penggabungan perusahaan, maka Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia akan mampu memperkuat posisinya di pasar Indonesia yang sangat kompetitif. 

Bagi pengguna, kesepakatan merger mungkin mengharuskan mereka menunggu beberapa waktu sebelum merasakan manfaatnya pada pengalaman mobile. Sebab, operator seluler perlu waktu untuk mengintegrasikan jaringan yang ada dan menciptakan sinergi.

Opensignal telah memperkirakan seperti apa pengalaman mobile bagi pengguna jika Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia merger. Analisa Opensignal menggunakan data periode waktu yang sama seperti analisis laporan pengalaman mobile terakhir di Indonesia.

"Analisis kami menggabungkan pengalaman pengguna operator Indosat dan 3 dengan hasil skor yang jatuh antara skor masing-masing kedua operator tersebut. Meskipun Indosat mencetak kecepatan unduh dan unggah rata-rata yang lebih cepat dibandingkan dengan operator 3, namun operator 3 menunjukkan pengalaman yang lebih baik pada metrik kami yang mengukur pengalaman streaming video dan gaming online," demikian keterangan Opensignal dalam pernyataan yang diterima Tek.id (19/2).

"Hal ini menunjukkan jika kedua operator bergabung, tidak hanya pengguna smartphone dari satu operator saja yang akan melihat pengalaman rata-rata yang meningkat, tetapi pengguna kedua operator tersebut akan melihat peningkatan di sejumlah kategori pengalaman mobile kami, sementara, juga mengalami penguruan di kategori lain. Hal ini menunjukkan bagaimana dua operator tersebut bersinar pada kategori pengalaman mobile yang berbeda."