Prediksi 10 tren teknologi menurut Alibaba, AI & komputasi baru akan merajai industri

Oleh: Zhafira Chlistina - Rabu, 12 Jan 2022 12:39 WIB

Alibaba DAMO Academy (“DAMO”) memprediksi dalam dua tahun ke depan, diharapkan jumlah aplikasi yang berjalan menggunakan sistem komputasi baru semakin meningkat.

Source: Pexels

Jeff Zhang, Kepala Akademi DAMO Alibaba mengatakan teknologi memainkan peran penting dalam mendukung masa depan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Dalam penelitiannya, DAMO memprediksi jumlah aplikasi yang berjalan menggunakan sistem komputasi baru akan semakin meningkat.

“Selama satu abad terakhir, evolusi teknologi digital telah mendorong percepatan kemajuan teknologi dan perkembangan industri. Batasan teknologi semakin diperluas dari dunia fisik ke realitas campuran (mixed reality), sementara itu semakin banyak dari teknologi mutakhir yang menemukan jalannya untuk dapat digunakan di dunia industri, ”kata Jeff 

Dengan melakukan analisa pada jutaan dokumen penelitian publik dan hak paten dalam kurun waktu 3 tahun belakangan termasuk wawancara dengan sekitar 100 orang ilmuwan, berikut 10 tren teknologi terkemuka dalam 2 - 3 tahun ke depan berdasarkan penelitian DAMO.

1. Konvergensi Cloud-Network-Device

Konvergensi Cloud-Network-Device adalah katalis yang berperan dalam mendorong munculnya aplikasi baru yang dapat menjawab beragam kebutuhan. Dengan perannya tersebut, DAMO mengharapkan dalam 2 tahun ke depan makin banyak aplikasi yang beroperasi di atas sistem komputasi baru.