Plastic Rebon 2.0 bantu startup kelola sampah

Oleh: Siti Juliyanti - Kamis, 08 Okt 2020 19:08 WIB

Coca-cola Foundation bersama Ancora Foundation mengumumkan pencapaian dari program Plastic Reborn 2.0 yang diluncurkan tahun lalu.

Coca-cola Foundation bersama Ancora Foundation mengumumkan pencapaian dari program Plastic Reborn 2.0 yang diluncurkan tahun lalu. Program ini merupakan inisiatif yang memiliki visi untuk mendorong terbangunnya ekosistem ekonomi sirkular di Indonesia dengan terbentuknya marketplace yang lebih efisien untuk sistem persampahan dan daur ulang di Indonesia.

“Secara prinsip, Plastic Reborn adalah bagian daripada bagaimana kita berkolaborasi untuk mendorong terjadinya dampak terkait dengan pengelolaan sampah plastik pasca konsumsi,” ujar Triyono Prijosoesilo, Wakil Ketua Pelaksana Coca-Cola Foundation Indonesia.

Berdasarkan data dari Indonesia National Plastic Action Partnership (NPAP), dari 6,8 juta ton per tahun sampah yang dihasilkan, 61% di antaranya belum bisa dikumpulkan. Alhasil, lebih banyak samah yang tidak dikumpulkan dan dikelola dibanding sampah yang dikelola.

“Ini adalah suatu kesempatan untuk bisa mendukung agar gol yang diharapkan pemerintah bisa dicapai,” kata Triyono.

Plastic Reborn 2.0 mendorong kolaborasi bersama anak-anak muda yang kreatif terhadap pencarian solusi untuk mengumpulkan dan mengelola sampah kemasan plastik pasca konsumsi dengan pemanfaatan teknologi.