Pertumbuhan Facebook Gaming kalahkan Twitch di 2019

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 13 Jan 2020 09:31 WIB

Pada 2019 ini, Twitch harus kalah dari tiga lawan utama mereka yakni YouTube Gaming, Facebook Gaming, dan Mixer dalam pangsa pasar gaming.

Perang layanan streaming di 2019 bisa dibilang cukup panas. Sepanjang 2019, ada beberapa layanan yang mengambil bintang streaming dari satu platform untuk menaikkan pamor mereka. Lantas, bagaimana dengan lanskap dari peperangan layanan streaming pada 2019?

Belakangan ini, StreamElements dan Arsenal GG mengumumkan hasil pemetaan mereka. Seperti diketahui, aplikasi tersebut menyediakan alat perangkat lunak (produksi video, monetisasi, pemasaran, dll) untuk streamer. Arsenal GG juga menyediakan analisis data dan menawarkan operator saluran statistik gratis.

Seperti diketahui, Twitch telah lama hadir sebagai raja streaming video gim online. Amazon mendapatkan platform streaming Twitch dengan hanya di bawah satu miliar dolar pada tahun 2014. Dengan ledakan e-sports dan streaming video gim sejak saat itu, platform ini terbukti sebagai salah satu gebrakan paling cerdas dari Jeff Bezos - pendiri Amazon.

Tapi menurut data terbaru, Facebook Gaming, YouTube Gaming, dan Mixer yang merupakan tiga pesaing utama Twitch, dikabarkan mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan. Sebaliknya, Twitch malah mulai kehilangan pemirsa.