OLED vs. QLED, apa bedanya?

Oleh: Zhafira Chlistina - Rabu, 12 Mei 2021 11:30 WIB

Belakangan televisi yang dijual di pasaran beraneka ragam dengan menggaet nama OLED dan QLED, berikut penjelasan tentang kedua teknologi tersebut.

Source: Future

Televisi dengan resolusi 4K dan 8K kini sudah sering kita jumpai. Tetapi, beberapa akronim baru dalam pemasaran TV membuat sebagian orang awam teknologi bingung, mana TV yang lebih bagus. 

Salah satu kebingungan yang sedang berlangsung adalah perbandingan antara dua teknologi yang saat ini sedang bersaing di pasar TV premium, yaitu OLED dan QLED. Jadi, apa sebenarnya arti dari dua akronim tersebut? Dan mana yang memberikan gambar terbaik? Berikut Tek.id paparkan perbedaannya.

OLED: Kelebihan dan kekurangan

OLED (Organic Light-Emitting Diode) merupakan jenis teknologi layar yang terdiri dari film berbasis karbon. Dua konduktor yang bertugas mengalirkan arus dapat memancarkan cahaya berdasarkan piksel demi piksel. Sehingga, piksel putih atau berwarna cerah, dapat muncul di samping piksel yang dengan warna kontras, seperti hitam atau yang benar-benar berbeda, tanpa memengaruhi yang lain.

Ini sangat berbeda dengan cara kerja TV LCD tradisional yang mengandalkan cahaya latar terpisah untuk menghasilkan cahaya, kemudian melewati lapisan piksel.