Mengenal lebih dekat HyperOS, sistem operasi baru dari Xiaomi

Oleh: Halimah Tussa'diyah - Senin, 05 Feb 2024 16:06 WIB

Setelah sebelumnya terkenal melalui MIUI, Xiaomi kini fokus mengembangkan OS terbaru mereka yang bernama HyperOS. Yuk kenal lebih lanjut!

Siapa sih yang gak kenal dengan Xiaomi? Ya, mereka merupakan perusahaan teknologi yang sudah memiliki cukup banyak produk, mulai dari smartphone, smartwatch, IoT, hingga memiliki sistem operasi (OS) mereka sendiri bernama MIUI.

Tapi, semenjak 2017 lalu, Xiaomi dikabarkan telah mengembangkan OS baru pengganti MIUI yang bernama HyperOS. OS baru ini dikabarkan akan menawarkan pengalaman penggunaan seamless di berbagai perangkat mereka.

Setelah pengembangan yang lama, Xiaomi pun pada akhirnya secara resmi dirilis pada 2023, yang pertama kali diperkenalkan pada perangkat Xiaomi 14. Dan sekarang, OS ini sudah mulai akan didistribusikan ke berbagai perangkat lainnya.

Apa itu HyperOS?

HyperOS adalah sistem operasi yang dirancang untuk membuat semua perangkat Xiaomi memiliki pengalaman penggunaan yang serupa, sehingga memberikan pengalaman penggunaan yang seamless.

Perusahaan teknologi asal Tiongkok tersebut juga menawarkan beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan dengan OS lainnya. Salah satunya adalah lebih ringan untuk dijalankan di berbagai perangkat dengan pengaturan spesifikasi berbeda dan memiliki besaran file OS yang lebih kecil.