Perangkat AR/VR Apple tertunda karena masalah perangkat lunak

Oleh: Erlanmart - Senin, 05 Des 2022 16:12 WIB

Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa perangkat headset augmented reality (AR)/virtual reality (VR) dari Apple mungkin akan tertunda karena masalah perangkat lunak.

Beberapa bulan terakhir ini ada cukup banyak rumor mengenai headset mixed reality buatan Apple yang akan datang. Informasi terakhir seputar perangkat augmented reality (AR)/virtual reality (VR) tersebut adalah akan menggunakan sistem operasi xrOS. Namun kehadiran produk ini mungkin tertunda karena masalah terkait perangkat lunak, sebagaimana laporan Ming-Chi Kuo.

Menurut laporan tersebut, headset AR/VR Apple yang telah lama dirumorkan mengalami masalah perangkat lunak yang tidak ditentukan. Dilansir dari Gizmochina (5/12), masalah ini dapat menunda pengiriman massal perangkat wearable tersebut hingga paruh kedua tahun depan.

Kuo mengatakan bahwa pengiriman massal untuk komponen perangkat kemungkinan akan dimulai pada paruh pertama tahun 2023, tetapi pengiriman perangkat yang dirakit sepenuhnya mungkin tidak akan dimulai hingga paruh kedua tahun tersebut, yang mengakibatkan peluncuran tertunda bahkan jika Apple mengumumkan perangkat ini di awal tahun.

Sebelumnya, Kuo telah mengklaim bahwa perangkat AR/VR atau headset mixed reality dari Apple dapat diumumkan pada acara media bulan Januari, dengan pengiriman massal dimulai pada kuartal kedua tahun depan. Belum diketahui apakah keterlambatan pengiriman akan mengakibatkan perubahan pengumuman perangkat.

Jika perangkat tidak diumumkan pada awal 2023, maka WWDC 2023, sekitar bulan Juni akan menjadi peluang bagus bagi raksasa teknologi berbasis Cupertino untuk mengungkap perangkat baru dan membuka Software Development Kit (SDK) untuk pengembang sehingga dapat membuat aplikasi AR/VR perangkat.