Penjualan smartphone anjlok, Tiongkok kuasai pasar Indonesia

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 07 Sep 2020 11:22 WIB

Counterpoint Research mengatakan pasar smartphone di Indonesia dikuasai oleh Tiongkok, meski mengalami penurunan penjualan. Tapi, gairah penggunaan e-commerce tercatat meningkat.

Digital Trends

Kerugian atas pandemi virus corona hingga saat ini masih terus terjadi di seluruh dunia. Indonesia pun menjadi salah satu negara yang terimbas, dengan pasar elektronik yang terdampak cukup besar.

Dalam laporan terbaru yang dikeluarkan oleh Counterpoint Research, saat ini pasar smartphone di Indonesia mengalami penurunan penjualan 20% YoY. Sedangkan penjualan di Q2 ini menurun sekitar 9% jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Selain itu, dalam laporan yang sama, Counterpoint Research juga mengatakan saat ini pasar smartphone di Indonesia dikuasai oleh smartphone asal Tiongkok. Mereka mengklaim, saat ini 70% smartphone yang beredar adalah merek Tiongkok.

Vivo disebut memimpin pasar dengan pangsa pasar 21,2%, diikuti oleh Oppo 20,6%. Pesona Samsung pun terbilang masih cukup besar, dengan posisi mereka yang saat ini ada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 19,6%.