Duh! Ada 47 Juta serangan RDP selama paruh pertama 2022 di Asia Tenggara

Oleh: Litalia Putri - Senin, 03 Okt 2022 13:24 WIB

Kaspersky telah memblokir lebih dari 260 juta serangan siber di kawasan Asia Tenggara selama enam bulan pertama di tahun 2022.

Seiring dengan sistem kerja hybrid dan jarak jauh yang terus diterapkan di Asia Tenggara (SEA), Kaspersky yelah menggagalkan lebih dari 47 juta serangan Remote Desktop Protocol (RDP). Artinya, pelaku kejahatan siber (cybercrime) sampai saat ini masih menyasar pekerja jarak jauh pada kawasan tersebut. 

Laporan terbaru menyebut, 47 juta serangan RDP ini berhasil digagalkan selama Januari hingga Juni 2022. Pada periode yang sama, Kaspersky telah mengamankan sebagian besar pengguna dari Vietnam, Indonesia dan Thailand. 

Berdasarkan statistik dari hasil deteksi produk Kaspersky, jumlah Bruteforce.Generic.RDP yang menargetkan pekerja jarak jauh di wilayah Asia Tenggara tercatat sebanyak 47.802.037. Sementara itu, rata-rata solusi Kaspersky memblokir 265.567 serangan brute force di kawasan tersebut setiap harinya. 

Perlu diketahui, RDP merupakan protokol milik Microsoft yang menyediakan antarmuka grafis kepada pengguna untuk terhubung ke komputer lain melalui jaringan. Sistem ini banyak digunakan oleh administrator dan pengguna untuk mengontrol server dan PC lain dari jarak jauh.