Pengiriman tablet menyusut 8,6%

Oleh: Lely Maulida - Minggu, 04 Nov 2018 19:50 WIB

Pasar tablet kini menurun dari tahun ke tahun selama 16 kuartal. Di kuartal ketiga 2018 ini, pengiriman tablet mengalami penurunan hingga 8,6 persen.

(Foto: KABC)

Pasar tablet kini menurun dari tahun ke tahun selama 16 kuartal. Di kuartal ketiga 2018 ini, pengiriman tablet mengalami penurunan hingga 8,6 persen dari tahun ke tahun, menjadi 36,4 juta. Sebagi pembanding, di periode yang sama di tahun lalu, jumlah pengiriman tablet mencapai 39,9 juta unit.

Kendati demikian, penurunannya tidak mencapai dua digit sebagaimana kuartal pertama dan kedua 2018. Data IDC menunjukkan Apple mempertahankan posisinya sebagai pemasok terbesar untuk kuartal ini, dimana Samsung dan Amazon berada di belakangnya.

Dilansir Venture Beat (4/11), Huawei merupakan satu-satunya perusahaan dari lima besar vendor besar yang mengirimkan lebih banyak tablet dibanding tahun sebelumnya. Secara total, lima besar vendor menyumbang 68,4 persen di pasar, meningkat 67,1 persen dibanding tahun lalu.

Pengapalan tablet Apple menurun 600.000, karena pasat tablet yang secara umum menyusut. Namun raksasa teknologi itu mampu mempertahakan keunggulannya berkat iPad baru. iPad Pro yang belum lama ini dirilis juga diperkirakan akan membantu perusahaan meningkatkan pengiriman di kuartal keempat.