Penggunaan desktop meningkat selama pandemi corona

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 15 Apr 2020 12:08 WIB

Dalam penelitian yang dilakukan oleh New York Times, lebih banyak orang yang memilih menggunakan komputer atau laptop untuk mengakses situs selama pandemi corona.

Ilustrasi Komputer (Pixabay)

Selama beberapa tahun belakangan ini, penggunaan smartphone telah melampaui penggunaan komputer dan laptop dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang menyebut, smartphone mereka sudah cukup andal dalam mengerjakan tugas harian ringan, bermain, dan menonton film.

Namun, belakangan ini dikabarkan bahwa penggunaan smartphone mengalami penurunan. Hal ini diungkapkan oleh New York TImes, dimana data tersebut didapatkan melalui SimilarWeb dan Apptopia, seperti dilaporkan oleh Wccftech (15/4/).

Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa situs-situs media sosial dan layanan streaming seperti Facebook, Netflix, dan YouTube telah mengalami pertumbuhan. Namun, hal ini tidak terjadi di smartphone, melainkan di desktop.

Laporan tersebut membandingkan perbedaan jumlah kunjungan desktop beberapa situs pada Januari dan Maret. Facebook mencatatkan adanya peningkatan sekitar 27 persen, yang merupakan situs dengan lonjakan tertinggi.

Sedangkan Netflix mengalami peningkatan sebesar 16 persen dalam periode waktu yang sama, disusul oleh YouTube yang mengalami peningkatan sebesar 15,3 persen.