Pengguna Samsung Galaxy S10 5G di Korea keluhkan masalah koneksi

Oleh: Hieronimus Patardo - Minggu, 14 Apr 2019 01:04 WIB

Jaringan 5G pada ponsel akhirnya hadir. Galaxy S10 5G akan didapuk sebagai ponsel 5G pertama di dunia. Sayangnya ada beberapa masalah yang mengikutinya.

Source: Business Korea

Samsung Galaxy S10 5G dilaporkan mengalami beberapa masalah terkait koneksi dengan internet. Hal ini disampaikan oleh para pengguna yang bermukim di Korea. Untuk diketahui, Galaxy S10 5G sudah dirilis dan menyandang gelar sebagai ponsel 5G pertama di dunia.

Dilansir dari Business Korea (13/4), beberapa kendala yang kerap terjadi adalah jangkauan sinyal 5G yang terbatas, serta lambatnya koneksi jaringan tersebut. Padahal dengan menggunakan 5G, para pengguna diiming-imingi dengan koneksi internet yang jauh lebih cepat ketimbang jaringan 4G.

Para pengguna pertama Galaxy S10 5G mengeluhkan masalah yang terjadi ketika berpindah dari sinyal 5G ke 4G. Dalam prosesnya, layanan data seluler mereka terputus. Smartphone butuh di-restart beberapa kali agar layanan data mereka tersambung kembali. Hal ini terjadi setidaknya pada tiga provider di Korea sejak 5 hingga 8 April.

Untuk diketahui, Galaxy S10 5G dibekali dengan dua antena, satu untuk jaringan 4G sementara satu lainnya akan bertugas menangkap sinyal 5G. Normalnya, ketika layanan 5G tidak tersedia, koneksi akan langsung berganti ke jaringan 4G.

Samsung berupaya memperbaiki masalah ini dengan memberikan update software pada 6 April. Namun, permasalahan koneksi itu tak kunjung terpecahkan. Pada akhirnya, manufaktur menyalahkan penyedia layanan telekomunikasi di Korea karena tidak mengelola jaringannya dengan baik. Di sisi lain, perusahaan provider Korea menolak bertanggung jawab terhadap masalah tersebut.