Pengecer Tiongkok masih jual chip AI Nvidia canggih meski ada larangan penggunaan produk AS

Oleh: Erlanmart - Rabu, 24 Apr 2024 14:04 WIB

Meskipun AS memperluas pembatasan ekspor chip AI Nvidia canggih ke Tiongkok, sepuluh entitas Tiongkok berhasil memperoleh chip AI Nvidia.

Meskipun AS memperluas pembatasan ekspor chip AI Nvidia canggih ke Tiongkok, sepuluh entitas Tiongkok yang berafiliasi dengan pemerintah telah berhasil mendapatkan chip ini yang tertanam dalam produk server dari pemasok terkemuka seperti Super Micro Computer Inc., Dell Technologies Inc., dan Gigabyte Technology .

Dilansir dari Gizmochina (24/4), akuisisi tersebut terjadi antara tanggal 20 November dan 28 Februari, menyusul perpanjangan pembatasan ekspor teknologi AI Nvidia oleh AS, yang bertujuan untuk mengekang akses Tiongkok terhadap teknologi pembuatan chip yang canggih.

Pembelinya mencakup institusi bergengsi seperti Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, Institut Kecerdasan Buatan Shandong, dan Administrasi Gempa Hubei, serta universitas, perusahaan investasi teknologi yang dimiliki oleh pemerintah provinsi, pusat penelitian penerbangan yang dikelola negara, dan ilmu luar angkasa.

Transaksi tersebut difasilitasi melalui 11 pengecer Tiongkok yang kurang dikenal, sehingga menimbulkan pertanyaan apakah mereka memiliki akses terhadap persediaan yang diperoleh sebelum AS memperketat pembatasan ekspor.

Nvidia telah menyatakan bahwa produk yang ditentukan dalam tender telah diekspor dan tersedia sebelum pembatasan diberlakukan, dan menegaskan bahwa pembelian tersebut tidak menunjukkan pelanggaran aturan pengendalian ekspor. Namun, para ahli berpendapat bahwa chip bisa saja dialihkan ke Tiongkok tanpa sepengetahuan produsen karena terbatasnya visibilitas ke dalam rantai pasokan hilir.