Peneliti kembangkan earphone yang dapat mendeteksi ekspresi wajah

Oleh: Litalia Putri - Rabu, 20 Jul 2022 16:18 WIB

Peneliti dari Cornell University kembali mengembangkan earphone yang dapat mendeteksi ekspresi wajah pengguna. Kali ini, mereka menggunakan teknologi berbasis sonar.

Peneliti dari Cornell University dilaporkan kembali mengembangkan perangkat earphone yang dapat menangkap mimik pengguna. Kali ini, perangkat tersebut dilengkapi dengan teknologi sonar yang digunakan untuk mendeteksi ekspresi wajah pemakainya. 

Perangkat ini disebut sebagai ‘earable’ dengan sistem yang diberi nama EarIO. Dengan menggunakan sonar, suara dari ‘earable’ akan memantul dari bagian dalam pipi pemakainya. Suara ini kemudian digunakan sebagai pendeteksi gerakan wajah dari pengguna tersebut. 

Sebelumnya, peneliti yang sama juga telah memperkenalkan teknologi earphone yang dapat membaca mimik wajah pada tahun 2020. Teknologi tersebut menggunakan kamera untuk menganalisis ekspresi wajah dari penggunanya. Sayangnya, teknologi earphone dengan kamera dinilai masih belum sesuai untuk perangkat yang dapat dikenakan. 

“Perangkat berbasis kamera yang melacak gerakan wajah itu besar, berat, dan haus energi. Ini merupakan masalah besar untuk perangkat yang dapat dikenakan," kata Cheng Zhang, peneliti utama dari Smart Computer Interfaces for Future Interactions Lab, sebuah laboratorium Sci-Fi Cornell University, dikutip dari Engadget (20/7). 

Zhang mengungkap, pendekatan berbasis sonar dapat meningkatkan privasi, keterjangkauan, kenyamanan dan masa pakai baterai. Sementara itu, teknologi earphone sebelumnya disebut dapat menangkap banyak informasi pribadi dari pengguna karena dilengkapi dengan kamera di kedua sisi earphone