Kerjasama dengan XL dan USAID, pemerintah sediakan layanan informasi Covid-19

Oleh: Hieronimus Patardo - Selasa, 19 Mei 2020 15:33 WIB

Dalam rangka menyebarkan informasi kepada masyarakat, pemerintah bekerja sama dengan XL Axiata dan USAID meluncurkan layanan informasi Covid-19 di nomor 321.

Source: Pexels/ Breakingpic

Pemerintah hari ini (19/5) meluncurkan layanan Interactive Voice Response (IVR) di nomor 321 sebagai salah satu media edukasi pencegahan Covid-19. Layanan ini diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan, USAID, dan XL Axiata. Peluncuran itu dilakukan secara virtual melalui kampanye Berubah Usir Wabah, Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Pencegahan Covid-19. 

Menurut Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, semakin luasnya dampak pandemi ini perlu disikapi dengan percepatan peningkatan pengetahuan masyarakat untuk mengatasi potensi risiko dan ancaman masalah kesehatan. Karenanya, perilaku masyarakat harus diubah dan salah satu pendekatan yang diambil adalah komunikasi khusus melalui layanan IVR ini. 

Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku Dalam Pencegahan Covid-19 telah disusun bersama Tim John Hopkins Center for Communication Program sebagai counterpart dari USAID. Dokumen ini menjadi acuan bagi berbagai pihak terkait dalam memberikan edukasi dan mendorong perubahan perilaku masyarakat yang mengarah pada pencegahan Covid-19. 

“Launching hari ini menggambarkan komitmen bersama kami untuk menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah paling terpencil sekalipun dengan informasi yang terpercaya, mudah dilakukan sehingga dapat menyelamatkan jiwa,” ujar Rian Washburn, Direktur USAID Indonesia.

Sejalan dengan itu, Presiden Direktur & CEo XL Axiata, Dian Siswarini juga mengungkapkan bahwa layanan telepon 321 menjadi salah satu solusi untuk mempercepat penyebaran informasi seputar Covid-19. Layanan ini sendiri dapat diakses oleh seluruh pengguna telepon seluler di Indonesia. “Seluruh konten informasi pada layanan ini pun disediakan dalam bahasa Indonesia,” kata Dian.