Paten Apple Watch tunjukkan pemindai tekstur kulit

Oleh: Hieronimus Patardo - Jumat, 04 Jan 2019 15:00 WIB

Fingerprint, face unlock, pemindai retina sudah jamak saat ini, Apple bakal hadirkan teknologi baru yang digunakan untuk memindai tekstur kulit.

Source: PatentlyApple

Apple dikabarkan sedang mengembangkan sistem otentikasi baru. Dari paten yang beredar, Apple bakal menggunakan tekstur kulit untuk mengidentifikasi pengguna Apple Watch.

Ubergizmo (4/1) melaporkan bahwa paten terbaru dapat menunjukkan keamanan yang lebih baik pada Apple Watch. Untuk melakukan pemindaian tekstur kulit, Apple menyematkan sensor biometrik di Apple Watch. Nantinya sensor inilah yang akan memindai kulit dari penggunanya.

Kemungkinan, fitur ini berguna ketika Apple Watch dikenakan kembali. Misalnya, seorang pengguna Apple Watch melepas jam tangannya. Selanjutnya ia ingin memakainya lagi. Di sinilah pemindai tekstur kulit akan bekerja mengenali penggunanya.

Kabarnya fitur ini juga akan mengandalkan sensor IR Thermal. Sensor ini akan menangkap retakan dan lipatan di kulit yang membuat sebuah tekstur dan pola yang unik.

Saat ini belum ada jaminan bahwa pemindai tekstur kulit menjadi salah satu opsi aman untuk menggunakan perangkat digital. Pasalnya beberapa waktu lalu, sistem pemindai pembuluh darah berhasil terpatahkan. Berbekal tangan dan pembuluh darah palsu, ternyata sistem keamanan ini mudah sekali dibobol.