Pasar PC meningkat pertama kalinya dalam enam tahun terakhir

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 13 Jul 2018 17:23 WIB

IDC mengklaim peningkatan pengiriman PC mencapai 2,7 persen sementara Gartner mencatatat pertumbuhan 1,4 persen

(Foto: Kjwy Tech)

Jumlah pengiriman PC untuk pertama kalinya meningkat dalam enam tahun. Perusahaan riset pasar Gartner dan IDC sepakat bahwa pasar PC tumbuh pada kuartal kedua 2018. IDC mengklaim peningkatan pengiriman PC mencapai 2,7 persen, sementara Gartner mencatatat pertumbuhan 1,4 persen.

IDC sendiri telah merilis data peningkatan pasar PC sejak tahun lalu. Namun hal senada tak dilontarkan Gartner karena data yang mereka peroleh berbeda. Untuk kuartal ini keduanya sepakat adanya peningkatan pengiriman jumlah PC.

Data IDC menyertakan Chromebook dan mengecualikan tablet Windows dan Surface Pro. Sementara Gartner menghitung juga tablet Windows sebagai PC dan mengecualikan Chromebook atau tablet yang tidak berbasis Windows. 

Chromebook tampaknya memang mendorong beberapa pertumbuhan PC tahun lalu. Namun Gartner melacak pertumbuhannya secara keseluruhan yang jelas menunjukkan pertumbuhan dari PC Windows atau Mac, tidak hanya dari tablet Android atau Chromebook.

Peningkatan pengiriman PC dari tahun ke tahun ini tercatat merupakan pertumbuhan pertama sejak kuartal pertama 2012. Untuk kali ini, PC bisnis Windows 10 tampaknya menyumbang kekuatan pada sebagian pertumbuhan.