Pasar PC menguat, Dell berjaya kalahkan HP

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 30 Agst 2021 09:29 WIB

Meski berada di posisi ketiga, Dell dapat meningkatkan pengiriman PC mereka di kuartal kedua 2021. Sedangkan HP dan Lenovo harus puas dengan penurunan pengiriman PC.

Beberapa hari lalu, IDC mengungkapkan pangsa pasar PC dalam beberapa waktu ke depan akan meningkat. Bahkan, pada kuartal kedua 2021, jumlah pengiriman PC meningkat 13,2 persen YoY dengan total 83.614 juta perangkat berhasil dikirimkan.

Tapi, ini bukan berarti semua vendor mengalami peningkatan pengiriman. Dalam pernyataan terpisah, Dell mengungkapkan mereka mengalami peningkatan pengiriman, sedangkan HP mengalami penurunan.

Dirangkum dari laman Tom’s Hardware (30/8), Dell dalam laporan IDC saat ini berada di urutan ketiga dalam pangsa pasar PC secara umum. Mereka memiliki total pangsa pasar 16,7 persen dengan peningkatan pengiriman 1,03 juta jika dibandingkan kuartal pertama 2021.

Ini berarti, di kuartal kedua 2021 ini, Dell memiliki jumlah total pengiriman PC sebanyak 13,976 juta. Tentu saja, jumlah ini bukan jumlah yang sedikit mengingat kelangkaan chipset yang terjadi.

"Permintaan industri untuk semikonduktor terus kuat. Itulah area yang tentunya menjadi tantangan bagi kami. Eksekusi tim rantai pasokan kami cukup mengesankan dengan rekor pengiriman untuk kuartal ini untuk PC, rekor pengiriman untuk display," kata co-COO Dell, Jeffrey W. Clarke.