Panasonic kerjasama dengan GS-Solar untuk produksi fotovoltaik

Oleh: Erlanmart - Selasa, 14 Mei 2019 08:17 WIB

Usaha penelitian dan pengembangan ini akan dimiliki 90 persen oleh GS-Solar dan 10 persen oleh Panasonic.

Source: Business Wire

Panasonic dikabarkan akan bekerja sama dengan produsen modul fotovoltaik asal China GS-Solar demi meningkatkan bisnis panel surya. Salah satu raksasa elektronik asal Jepang tersebut akan mentransfer anak perusahaan manufaktur panel surya mereka, Panasonic Energy Malaysia Sdn. Bhd. ke GS-Solar, yang berbasis di Quanzhou di Provinsi Fujian.

Dilansir dari Mainichi (13/5), Panasonic juga akan mendirikan perusahaan patungan dengan GS-Solar di Jepang dengan memutar unit penelitian dan pengembangan fotovoltaik. “GS-Solar telah mencapai hasil teknologi tingkat tinggi dan sinergi yang diharapkan,” kata juru bicara Panasonic, Joe Flynn.

Kemitraan ini akan memungkinkan Panasonic untuk “mengoptimalkan pengembangan dan kemampuan produksi bisnis fotovoltaik sambil terus membeli dan menjual modul fotovoltaik yang diproduksi di pabrik Malaysia.”

Panasonic mengoperasikan fasilitas tenaga surya di Jepang dan Amerika Serikat, yang diinformasikan tidak akan terpengaruh oleh transfer unit Malaysia, di mana akan selesai pada bulan November. “Panasonic dan perusahaan baru itu akan memberikan dukungan teknis untuk pabriknya di Jepang dan AS,” kata Flynn.

Menurut, pernyataan tersebut, usaha penelitian dan pengembangan ini akan dimiliki 90 persen oleh GS-Solar dan 10 persen oleh Panasonic. Ini dijadwalkan berlokasi di Osaka Prefecture, tetapi detil seputar nama, tanggal pendirian dan jumlah investasi belum diputuskan.