Pakai aplikasi bajakan, 3 juta komputer terkena malware

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 11 Jun 2021 15:08 WIB

Para peneliti keamanan menemukan sebuah malware baru yang menghinggapi aplikasi bajakan dimana dapat mengambil data dari komputer korban.

Credit : Pixabay

Penggunaan aplikasi bajakan masih banyak dilakukan oleh para pengguna teknologi di seluruh dunia. Ada banyak alasan mengapa pengguna memilih untuk menggunakan aplikasi bajakan, salah satunya adalah dikarenakan harga aplikasi original yang cukup mahal.

Tapi, penggunaan aplikasi bajakan bisa dibilang sebagai aksi pencurian. Selain itu, banyak alasan lain mengapa kita tidak diperbolehkan menggunakan aplikasi bajakan, salah satunya adalah dikarenakan banyak malware dan virus yang menunggu menghinggapi perangkat kesayangan kita.

Baru-baru ini, para peneliti keamanan di NordLocker menemukan sebuah fakta yang sangat mencengangkan. Mereka mengatakan, saat ini ada sebuah malware baru yang menghinggapi jutaan PC di seluruh dunia.

Dia mengatakan, sebuah malware baru dikabarkan telah menginfeksi sekitar 3,2 juta komputer di seluruh dunia. Penyebaran ini telah terjadi selama dua tahun terakhir ini tanpa terdeteksi hingga beberapa waktu lalu.

Ubergizmo (11/6) melaporkan bahwa malware ini menghinggapi beberapa gim dan aplikasi seperti Adobe Photoshop. Imbasnya, malware ini sudah mencuri mencuri sekitar 1,2 terabyte informasi pribadi dari komputer yang terinfeksi.