Oppo perkenalkan sistem komunikasi baru yang mengandalkan Mesh Network

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 02 Jul 2019 14:12 WIB

Oppo mengatakan, aplikasi MeshTalk bisa memberikan pengguna kemampuan untuk berkomunikasi antar smartphone tanpa WiFi atau jaringan dalam radius 3 km.

Oppo MeshTalk

Beberapa waktu lalu, ajang Mobile World Congress Shanghai telah selesai digelar. Banyak vendor smartphone unjuk gigi terkait teknologi baru mereka, yang bisa jadi hadir di perangkat mereka selanjutnya.

Salah satunya adalah Oppo. Mereka memperkenalkan dua teknologi sekaligus. Yang pertama adalah teknologi kamera baru, dimana mereka menyematkan kamera bawah layar di perangkat purwarupa mereka.

Tapi, selain teknologi tersebut, ada satu teknologi penting lain yang menarik perhatian para pengunjung pagelaran tersebut. Teknologi yang dimaksud adalah 'Meshtalk', yang merupakan teknologi komunikasi antar perangkat.

Yang menarik, teknologi ini tidak membutuhkan WiFi atau teknologi koneksi seluler lain untuk berkomunikasi antar perangkat. Selain itu, Meshtalk juga akan dapat berfungsi dalam radius hingga 3 km, seperti dilaporkan Wccftech (2/7/2019).

MeshTalk, menurut Oppo, akan memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan suara dalam radius 3 km. Tapi perlu diingat, untuk bisa melakukan panggilan sesama pengguna harus berada lama radius yang sudah ditentukan dan tidak boleh terhalang oleh apapun.