Oppo resmi luncurkan Oppo F5, kamera depan berfitur AI

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Senin, 13 Nov 2017 19:35 WIB

Oppo F5 menjual AI sebagai gimmick untuk selfie yang lebih baik.

Oppo meluncurkan F5 di Indonesia hari ini, Senin (13/11). Fitur unggulan Oppo F5 adalah kamera selfie yang konon sudah dilengkapi kecerdasan buatan (AI).

"Teknologi AI ini mampu mengenali kriteria wajah berdasarkan umur, jenis kelamin, warna kulit, dan lainya," ujar Suwanto, Marketing Planning Manager Oppo Indonesia.

Suwanto mengatakan, AI dalam kamera depan Oppo F5 punya kemampuan mengenali wajah layaknya otak manusia bekerja. Oleh karena itu, hasil foto Oppo F5 ini diklaim mampu terhindar dari distorsi, over-exposure, dan kendala lain yang membuat hasil foto menjadi kurang bermutu.

Untuk mengembangkan teknologi ini, menurut keterangan Suwanto, pihaknya tidak cuma bekerjasama dengan pengembang aplikasi, namun juga mendapat masukan dari make up artist, hair stylist, dan fotografer. Selain itu, Oppo F5 juga telah menerapkan Facial Unlock, sesuatu yang bukan hal baru di Android.

Meski begitu, ketika ditanya soal implementasi hardware apa yang ditanamkan di dalam Oppo F5 untuk menghadirkan teknologi AI ini, Aryo Meidianto PR Manager Oppo menegaskan bahwa mereka baru sekadar mengembangkan software AI. Tentu saja, ini tak sebanding dengan iPhone X atau Huawei Mate 10.