OpenAI pecat CEO Sam Altman

Oleh: Erlanmart - Minggu, 19 Nov 2023 10:39 WIB

OpenAI memecat CEO Sam Altman karena 'dewan tidak lagi percaya' pada kepemimpinannya. .

Source: Reuters

Dalam perombakan eksekutif yang mengejutkan, dewan direksi OpenAI mengumumkan bahwa CEO Sam Altman telah dipecat dan akan meninggalkan perusahaan dan dewan direksi, efektif segera. Chief Technology Officer Mira Murati ditunjuk sebagai CEO sementara.

Pemecatan Altman dilaporkan mengikuti "proses peninjauan yang disengaja" internal yang menemukan bahwa dia tidak "secara konsisten jujur dalam komunikasinya dengan dewan, sehingga menghambat kemampuannya untuk melaksanakan tanggung jawabnya," kata perusahaan, sebagaimana dilansir dari Engadget. Dengan demikian, "dewan tidak lagi percaya pada kemampuannya untuk terus memimpin OpenAI."

OpenAI, pemilik chatbot AI populer ChatGPT, mengucapkan terima kasih kepada Altman atas "kontribusinya yang besar terhadap pendirian dan pertumbuhan OpenAI", tetapi percaya bahwa "sebagai pemimpin fungsi penelitian, produk, dan keselamatan perusahaan, Mira sangat memenuhi syarat untuk ikut serta dalam hal ini." peran CEO sementara." Dewan menambahkan bahwa mereka “sangat yakin pada kemampuannya untuk memimpin OpenAI selama masa transisi ini.”

Dewan OpenAI terdiri dari Kepala Ilmuwan perusahaan Ilya Sutskever, serta Ketua dan Presiden Greg Brockman. Penasihat independen, yang tidak memiliki saham di perusahaan, juga merupakan anggota dewan: CEO Quora Adam D’Angelo, pengusaha teknologi Tasha McCauley, dan advokat privasi Helen Toner dari Pusat Keamanan dan Teknologi Berkembang Georgetown. Altman juga dianggap sebagai penasihat independen di dewan, meskipun ia menjabat sebagai CEO perusahaan sebelum kepergiannya.

i loved my time at openai. it was transformative for me personally, and hopefully the world a little bit. most of all i loved working with such talented people.

will have more to say about what’s next later.

????