nPerf: Telkomsel operator terbaik 2019

Oleh: Lely Maulida - Rabu, 26 Feb 2020 10:25 WIB

nPerf kembali merilis survei terkait performa operator seluler di Indonesia pada 2019. Hasilnya, Telkomsel dinobatkan sebagai operator terbaik di tahun tersebut.

Source: Pexels

nPerf kembali merilis survei terkait performa operator seluler di Indonesia pada 2019. Hasilnya, Telkomsel dinobatkan sebagai operator terbaik di tahun tersebut. Operator pelat merah ini mengungguli operator lainnya seperti XL Axiata dan Smartfren.

Hasil tersebut diperoleh dari penilaian beberapa kategori meliputi kecepatan unggah, performa browsing hingga streaming. Telkomsel menjadi operator terbaik di 2019 berkat keunggulannya di tiga kategori tersebut. 

Kecepatan Telkomsel saat unggah adalah 7,89Mbps, lebih tingi ketimbang XL Axiata (5,67Mbps), Indosat Ooredoo (5,09Mbps), Tri (4,98Mbps), dan Smartfren (3,94Mbps). 

Di sektor performa browsing, nPerf melibatkan masing-masing operator untuk memuat lima situs web yang paling sering dikunjungi oleh pengguna di Indonesia. Namun nPerf mengecualikan YouTube karena disertakan dalam kategori lain.

Hasil pengukuran performa browsing juga menampilkan Telkomsel sebagai pemenang. Operator yang khas dengan warna merah ini unggul dengan persentase 37,46%, disusul Tri (32,29%) dan XL Axiata (30,56%).