Gandeng pengembang Animal Crossing, Nintendo bangun perusahaan baru

Oleh: Zhafira Chlistina - Rabu, 09 Nov 2022 12:05 WIB

Nintendo dan DeNA, studio pengembang gim populer Animal Crossing, mendirikan perusahaan joint-venture baru yang disebut Nintendo Systems Co. Ltd., sebagai anak perusahaan Nintendo.

Nintendo mengumumkan kerja sama dengan pengembang gim seluler DeNA untuk mendirikan perusahaan joint-venture baru yang disebut Nintendo Systems Co. Ltd. Ini akan menjadi anak perusahaan Nintendo, yang berkontribusi 80% dari modal yang dibutuhkan untuk menjalankannya.

Dilaporkan oleh Digital Trends (9/11), Nintendo Systems Co. Ltd. akan difokuskan pada penelitian dan pengembangan, serta "operasi untuk memperkuat digitalisasi bisnis Nintendo". Selain itu, perusahaan juga akan menciptakan "layanan bernilai tambah", yang menurut Nintendo dapaat memperkuat hubungannya dengan pelanggan.

Usaha patungan antara Nintendo dan DeNA sudah direncanakan selama tujuh tahun. Perusahaan terakhir mengembangkan gim seluler untuk yang pertama sejak 2015, termasuk Fire Emblem Heroes, Pokémon Masters, dan Mario Kart Tour. 

Namun, DeNA akan berkembang melampaui pengembangan gim untuk smartphone. Nintendo akan menugaskannya dengan "pengembangan bersama dan pengoperasian layanan keanggotaan untuk berbagai perangkat."

Nintendo Systems Co. Ltd. dijadwalkan untuk diresmikan pada 3 April 2023. Ini akan berbasis di Tokyo dengan direktur dan presiden Tetsuya Sasaki sebagai pimpinan.