Mudahkan panggilan audio, Messenger hadirkan tab baru Calls

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 03 Jun 2022 13:00 WIB

Dengan mengklik tab Calls, pengguna akan melihat daftar kontak yang dapat ditelpon dengan mengkliknya langsung.

Meta belum lama ini meluncurkan tab baru untuk Messenger bernama Calls. Perusahaan mengatakan, tab baru ini akan memudahkan pengguna untuk terhubung dengan teman dan keluarga melalui aplikasi dalam satu ketukan. Tab Calls sekarang tersedia secara global di iOS dan akan segera diluncurkan untuk Android dalam ebebrapa minggu ke depan.

Tab Calls terletak di samping tab Chats, Story, dan People, di bilah navigasi bawah aplikasi. Dengan mengklik tab ini, pengguna akan melihat daftar kontak yang dapat ditelpon dengan mengkliknya langsung. Sebelum ada tab Calls, pengguna harus membuka utas atau percakapan terlebih dahulu untuk bisa menelepon seseorang. 

Melansir TechCrunch (3/6), tab Calls dibuat oleh Meta Remote Presence org, yang merupakan tim produk dan platform yang bertanggung jawab atas rangkaian pengalaman panggilan video dan audio yang mendukung Meta Technologies. Meta mengatakan tab Calls adalah salah satu dari banyak fitur yang dirancang untuk menciptakan ruang bagi orang-orang yang ingin memperdalam hubungan mereka dengan orang lain.

Dalam beberapa bulan terakhir, Meta sedang meningkatkan kinerja Messenger dengan menghadirkan beberapa fitur baru. Pada Maret lalu, perusahaan menambahkan fitur dan pintasan baru “@everyone” yang akan memberitahu semua peserta dalam obrolan apabila ada pesan baru. Sebaliknya, Meta juga meluncurkan fungsionalitas “/silent” untuk mengirim pesan tanpa pemberitahuan ke anggota grup.

Mengirim pesan suara di Messenger juga kini bisa dikontrol, sehingga pengguna dapat menjeda, melihat pratinjau, menghapus, atau melanjutkan merekam pesan suara sebelum mengirimnya. Perusahaan juga diketahui meningkatkan durasi pesan suara dari satu menit menjadi 30 menit.