Modul antena 5G Qualcomm resmi meluncur

Oleh: Lely Maulida - Selasa, 24 Jul 2018 10:03 WIB

Qualcomm akhirnya meluncurkan modul MMWave 5G NR dan sub-6 GHz RF pertama yang terintegrasi sepenuhnya untuk smartphone

(Foto: Qualcomm)

Qualcomm akhirnya meluncurkan modul MMWave 5G NR dan sub-6 GHz RF pertama yang terintegrasi sepenuhnya untuk smartphone dan perangkat seluler lain. Ini menunjukkan bahwa jaringan 5G semakin dekat ke tangan konsumen.

Sejatinya Qualcomm mengumumkan dua modul antena yaitu QTM052 mmWave dan RF QPM56xx sub-6 GHz. Modul antena pertama direkayasa untuk membuka spektrum dan dan meningkatkan sinyal mmWave menggunakan teknologi 5G. Sinyal mmWave sendiri mudah terhalang objek kecil bahkan tangan pengguna. 

Oleh karenanya Qualcomm menggunakan sesuatu yang disebut "beam forming, beam steering, dan beam tracking untuk bi-directional mobile mmWave," yang memungkinkan modul itu meningkatkan jangkauan dan cakupan secara keseluruhan. Modul ini juga merupakan serangkaian antena yang ditempatkan di ponsel sehingga bisa bergerak setiap kali ada penyumbatan sinyal. 

Sementara antena kedua yang disebut modul RF QPM56xx sub-6 GHz, bekerja pada pita frekuensi 3,3-4,2 GHz, 3,3-3,8GHz, atau 4,4-5,0 GHz. Antena sub-6 ini akan memberikan cakupan 5G yang lebih konsisten di lokasi yang tetap. 

Dilansir Digital Trends, antena ini akan digunakan bersama modem Snapdragon X50 5G yang dirilis pada 2016. Kedua modul antena akan digunakan secara bersamaan guna memberikan kecepatan 5G dalam berbagai pengaturan.