Microsoft umumkan PHK yang berimbas pada 10.000 karyawan, pengaruhi pekerja di HoloLens dan Microsoft Edge

Oleh: Erlanmart - Kamis, 19 Jan 2023 09:43 WIB

Microsoft memangkas ribuan pekerjaan seperti yang diperingatkan oleh CEO Satya Nadella tentang tantangan dua tahun ke depan bagi perusahaan teknologi.

Sesuai kabar sebelumnya, Microsoft mengumumkan PHK besar-besaran yang memengaruhi 10.000 karyawan. Dalam sebuah memo, CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan perusahaan akan “membuat perubahan yang akan mengakibatkan pengurangan tenaga kerja kami secara keseluruhan hingga 10.000 pekerjaan sampai akhir Q3 FY23”.

Lebih dari 800 karyawan telah diberitahu, tetapi seluruh 10.000 PHK harus diselesaikan pada akhir Maret. Sementara Microsoft melakukan PHK di perusahaannya, Nadella mengatakan perusahaan “akan terus merekrut di area strategis utama”.

Dilansir dari The Verge (19/1), karyawan AS yang terkena dampak akan menerima upah pesangon di atas pasar, perlindungan perawatan kesehatan selama enam bulan, melanjutkan vesting saham selama enam bulan, layanan transisi karir, dan pemberitahuan 60 hari sebelum pemutusan hubungan kerja.

Microsoft saat ini memiliki lebih dari 220.000 karyawan, dan putaran terakhir PHK ini memengaruhi sekitar 5% tenaga kerjanya. Pemotongan ini juga jauh lebih besar daripada pemotongan 1% yang dibuat Microsoft untuk tenaga kerjanya tahun lalu.

Sumber yang mengetahui PHK Microsoft memberi tahu bahwa PHK yang terjadi pada Rabu waktu setempat itu memengaruhi karyawan yang bekerja di HoloLens dan Microsoft Edge. Begitu juga mereka yang bekerja di divisi pemasaran Microsoft dan di 343 Industries serta Bethesda juga akan terdampak.