Microsoft Seeing AI bantu tunanetra mengenali foto

Oleh: Hieronimus Patardo - Rabu, 13 Mar 2019 17:27 WIB

Microsoft Seeing AI bakal memungkinkan pengguna tunanetra untuk mengubah informasi visual menjadi suara dengan detail obyek dan hubungan spasial dalam foto tersebut.

Source: Microsoft

Microsoft Seeing AI kembali hadir dengan fitur baru. Berbentuk sebuah aplikasi mandiri, Seeing AI bakal mengubah informasi visual menjadi suara untuk memudahkan para tunanetra dan orang dengan penglihatan yang terbatas. Nah, dengan fitur baru ini, pengguna dapat menggunakan sentuhan untuk menjelajahi objek dan orang di dalam foto.

Pengenalan objek dan scene mengandalkan kemampuan AI. Yang perlu dilakukan hanyalah mengambil sebuah foto kemudian mengetuk foto yang ditampilkan di layar. Tak hanya itu, fitur ini juga akan berguna untuk foto yang sudah pernah diambil sebelumnya.

"Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mengetuk jari mereka ke gambar di layar untuk mendengar deskripsi objek dan hubungan spasial di dalamnya," tulis Saqib Shaikh, pimpinan Seeing AI dalam sebuah blog resmi. Shaikh menambahkan bahwa aplikasi ini dapat mendeskripsikan penampilan fisik seseorang, bahkan memprediksi mood orang tersebut.

Berkat adanya facial recognition di dalamnya, pengguna dapat mengambil gambar seseorang yang dikenal. Kemudian aplikasi tersebut akan menjelaskan siapa yang ada dalam foto tersebut dan apa yang dilakukannya serta di mana lokasi yang terdapat dalam foto.