Microsoft ingin kembangkan prosesor ARM sendiri

Oleh: Nur Chandra Laksana - Minggu, 20 Des 2020 08:57 WIB

Dipicu peluncuran prosesor Apple M1, Microsoft dikabarkan tertarik untuk membuat prosesor ARM mereka untuk perangkat Surface dan server mereka.

Prosesor terbaru milik Apple, yakni Apple M1 membuat para pesaingnya semakin tertantang untuk membuat prosesor ARM untuk laptop. Bukan hanya Qualcomm, namun Microsoft pun ikut-ikutan bersemangat.

Memang saat ini Microsoft sudah membuat prosesor unik untuk Surface mereka, yang dikembangkan dengan Qualcomm. Tapi, belakangan ini dikabarkan bahwa mereka ingin mengembangkan prosesor ARM sendiri untuk jajaran Surface mereka.

Wccftech (20/12) melaporkan, chipset ARM ini tidak hanya akan digunakan untuk perangkat Surface mereka saja. Namun, Microsoft juga dikabarkan ingin menggunakan prosesor tersebut untuk perangkat server mereka.

Yang menjadi tantangan terbesar bagi Microsoft adalah menyempurnakan dukungan Windows untuk prosesor berbasis ARM. Hal ini dikarenakan Windows semenjak dahulu kala didesain untuk prosesor X68 dan X64.

Microsoft juga sudah pernah meluncurkan sebuah laptop/tablet Windows 8 dengan prosesor ARM. Tapi, dikarenakan keterbatasan aplikasi yang dapat digunakan, membuat produk tersebut kurang laku di pasaran.