Meta hentikan sementara program monetisasi kreator Reels

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 10 Mar 2023 13:22 WIB

Program ini awalnya diperkenalkan pada bulan Desember 2021, menawarkan pembayaran bulanan kepada kreator jika mereka mencapai jumlah views tertentu dan metrik lainnya. 

Source: Unsplash/June Aye

Meta tampaknya menghapus salah satu inisiatif utama yang membantu kraetor Reels di Facebook dan Instagram menerima pendapatan. Perusahaan diketahui sedang "menjeda" program bonus Reels Play-nya.

Untuk diketahui, program ini awalnya diperkenalkan pada bulan Desember 2021, menawarkan pembayaran bulanan kepada kreator jika mereka mencapai jumlah views tertentu dan metrik lainnya. 

Insentif, yang menjanjikan kreator berperforma terbaik dapat memperoleh penghasilan sebanyak USD35.000 per bulan, merupakan bagian dari dorongan yang lebih besar oleh Meta untuk menyalurkan uang ke dalam program monetisasi kreator dan membuat Reels lebih kompetitif dengan TikTok.

Namun, laporan dari Insider mengatakan bahwa Meta sedang mengembangkan kembali program tersebut. Untuk itu, akan "berhenti memperpanjang kesepakatan Reels Play baru dan yang diperbarui untuk kreator Facebook dan untuk kreator AS di Instagram saat ini."

Meta menambahkan, perusahaan mungkin masih menawarkan bonus kepada kreator dengan cara yang lebih "ditargetkan", seperti jika Reels memasuki pasar baru.