Menjajal ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold2

Oleh: Erlanmart - Sabtu, 26 Sep 2020 10:17 WIB

Dalam hal desain, sepintas Galaxy Z Fold2 sama seperti ponsel Nokia E90 Communicator. Meski demikian tentu saja Galaxy Z Fold2 mengusung desain yang lebih tipis dan tanpa keyboard fisik.

Samsung baru saja menawarkan ponsel lipat terbarunya ke Indonesia dengan nama Galaxy Z Fold2. Jika dilihat dari namanya, tentu saja ponsel ini merupakan sang penerus dari Galaxy Fold yang dikenalkan Samsung pada tahun lalu. Mungkin ada beberapa dari kalian yang bertanya-tanya jika Fold2 ada embel-embel huruf ‘Z’, bukankah itu artinya penerus Galaxy Z Flip?

Pihak Samsung menginformasikan bahwa ke depannya, ponsel lipat mereka akan ditandai dengan nama Galaxy seri Z. Dengan demikian, Samsung memiliki 3 seri ponsel flagship, yakni Galaxy seri S, Galaxy seri Note, dan Galaxy seri Z. Galaxy Z Fold2 merupakan ponsel lipat ketiga dan terbaru yang diproduksi Samsung. Kebetulan saya telah menjajal ponsel tersebut.

Samsung menghadirkan Galaxy Z Fold2 dengan 2 pilihan warna: Mystic Black dan Mystic Bronze. Kebetulan produk yang ada di tangan saya memiliki warna Mystic Bronze, yang mana mirip seperti warna Rose Gold pada beberapa seri iPhone. Dalam hal desain, sepintas Galaxy Z Fold2 sama seperti ponsel Nokia E90 Communicator. Meski demikian, tentu saja Galaxy Z Fold2 mengusung desain yang lebih tipis dan tanpa keyboard fisik.

Sebagai sang penerus, kini Galaxy Z Fold2 dilengkapi dengan layar luar yang berukuran lebih besar pada 6,2 inci. Sedangkan layar luar Galaxy Fold versi awal mengusung ukuran 4,6 inci. Dengan demikian, bezel yang ditampilkan Fold2 jauh lebih tipis sehingga memerlukan desain punch-hole di atas layarnya sebagai lokasi kamera depan.