Mengenal Tensor, SoC baru besutan Google

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 03 Agst 2021 10:46 WIB

Sebenarnya, apa sih SoC Tensor milik Google dan apa saja kelebihan SoC ini dari SoC lain? Yuk kita simak bersama!

Google Tensor

Google baru saja membeberkan spesifikasi jajaran smartphone terbaru mereka, yakni Pixel 6. Dari beberapa bocoran tersebut, ada beberapa hal yang cukup menarik dari smartphone ini. Salah satu hal yang menarik adalah desainnya yang cukup unik.

Membawa desain baru memang sudah sewajarnya dilakukan produsen smartphone. Namun, ada hal yang tak kalah menarik dari desain Pixel 6. Hal tersebut adalah pengunaan SoC alias prosesor yang digunakan. Google dikabarkan akan menggunakan SoC buatan mereka, tidak seperti biasanya mereka menggunakan SoC milik Qualcomm.

Seperti diketahui, Google telah menggunakan SoC Qualcomm semenjak pertama kali meluncurkan perangkat Pixel pada 2016 silam hingga Pixel 5 yang diluncurkan tahun lalu. Prosesor yang digunakan pun merupakan prosesor flagship, kecuali Pixel 5 yang tidak menggunakan SoC Qualcomm 800 series.

Pada perangkat Pixel terbaru ini, Google memilih untuk menggunakan SoC in-house. Seperti diketahui, Google memang telah dikabarkan tengah mengembangkan SoC mereka sendiri selama beberapa tahun terakhir. Tapi, bocoran terkait dengan SoC tersebut tertutup sangat rapat.

Adalah Rick Osterloh, orang pertama yang mengumumkan kehadiran SoC Google terbaru secara resmi. Pria yang menjabat sebagai Senior Vice President, Devices & Services di Google tersebut memberikan sedikit insight terkait SoC terbaru mereka.