Mencoba berbelanja di toko tanpa kasir JD.ID

Oleh: Erlanmart Lely Maulida - Sabtu, 01 Sep 2018 10:47 WIB

JD.ID punya toko offline tanpa kasir yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Bagaimana rasanya berbelanja di sana?

JD.ID resmi membuka toko offline pertamanya yang disebut JD.ID X di Indonesia pada 2 Agustus lalu. Berlokasi di PIK Avenue, toko e-commerce asal China itu tampak seperti toko lainnya dimana produk fesyen ditampilkan di etalase utama. Toko offline JD.ID ini mengusung konsep cash-less sehingga pengguna tak memerlukan uang tunai untuk melakukan transaksi. Toko ini juga tak menyediakan kasir. Lantas bagaimana transaksinya dilakukan dan bagaimana cara belanja di toko offline JD.ID?

Tim Tek.id mencoba berkunjung ke toko offline JD.ID tersebut. Sampai di lokasi kami disambut staf toko yang sigap dan ramah, lengkap dengan seragam berwarna merah yang merupakan warna khas JD.ID. Petugas tersebut juga membantu proses registrasi aplikasi serta memberikan informasi lainnya terkait JD.ID X.

Anda harus memiliki akun JD.ID untuk bisa masuk ke toko JD.ID X. Jika belum memiliki akun, Anda bisa mengunduh aplikasi terlebih dahulu kemudian melakukan registrasi. Hal ini juga kami alami ketika berkunjung ke toko tanpa kasir tersebut. Tak perlu khawatir ketika kebingungan melakukan registrasi karena staf toko siap membantu.

Selain itu, pelanggan juga diharuskan memiliki kartu kredit yang terintegrasi dengan akun JD.ID guna mengakomodir transaksi. Tim Tek.id sendiri pada saat itu tak memiliki kartu kredit. Beruntung kartu debit Jenius (BTPN) juga bisa difungsikan sebagai alat pembayaran, sehingga kami bisa melakukan registrasi. Satu hal lain yang tak kalah penting, pelanggan diharuskan memindai wajahnya di aplikasi JD.ID yang nantinya berfungsi untuk verifikasi transaksi.