Melihat 4 jam tangan vintage Casio G-Shock dan fiturnya

Oleh: Erlanmart - Sabtu, 04 Agst 2018 02:26 WIB

Saya adalah penggemar jam tangan Casio G-Shock. Di sini saya akan menerangkan beberapa dari koleksi saya beserta keunikannya

Father of G-Shock, Kikuo Ibe (kanan)

Jam tangan G-Shock pertama kali diciptakan oleh seorang karyawan Casio, Kikuo Ibe. Idenya menciptakan G-Shock berawal dari jam tangan Ibe yang hancur karena tidak sengaja terbentur. Mulai dari situlah dirinya memiliki ide untuk membuat jam tangan yang sangat kuat. Sekarang, Kikuo Ibe sudah lebih dikenal sebagai “Father of G-Shock.”

Seri pertama Casio G-Shock adalah DW-5000C yang hadir pada tahun 1983. Semenjak itu, Casio terus memproduksi G-Shock dengan beberapa model khusus seperti yang pertama dengan sensor termometer digital, yang pertama dengan grafik pasang/surut air laut, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak jam tangan G-Shock dengan model khusus, saya memiliki beberapa diantaranya. Inilah beberapa dari koleksi Casio G-Shock saya dengan predikat “pertama kali” dalam sejarah jam tangan Casio (sekalian saya pamer boleh ya).

Casio G-Shock DW-6100 (produksi tahun 1992)

Diproduksi pertama kali pada tahun 1992, model ini adalah G-Shock pertama yang dilengkapi sensor termometer digital. Layar pada G-Shock DW-6100 dilengkapi dengan 4 segmen yang masing-masing menampilkan hari dan suhu, grafik temperatur yang menyimpan memori suhu hingga 5 jam ke belakang, grafik matahari terbit dan terbenam, dan segmen layar yang paling bawah adalah waktu.

Jam tangan dilengkapi dengan memori data temperatur hingga 30 buah. Untuk melihat data tersebut, saya harus masuk ke mode Temperature Data Recall Mode dan melihat histori keadaan suhu udara selama 30 jam terakhir. Untuk grafik matahari terbit dan terbenam, saya merasa data yang ada di jam tangan ini cukup akurat dengan syarat harus mamasukkan koordinat garis lintang / garis bujur (latitude/longitude) pada kota yang dimaksud dengan benar. Bagaimana cara mendapatkan koordinat kota? Gampang, tinggal cari di Google.

Tag