MediaTek umumkan Dimensity 1050

Oleh: Erlanmart - Senin, 23 Mei 2022 12:38 WIB

Perusahaan asal Taiwan MediaTek baru saja mengumumkan prosesor mobile terbaru mereka dengan Dimensity 1050. Ini memiliki dukungan konektivitas 5G sub-6GHz.

MediaTek telah mendapatkan pangsa pasar yang cukup besar berkat prosesor seri Dimensity milik mereka. Dan sekarang, perusahaan asal Taiwan itu telah memperluas portofolionya dengan meluncurkan sebuah chipset terbaru, yang diberi nama MediaTek Dimensity 1050.

Chipset ini pada dasarnya adalah versi spesifikasi lebih rendah dari SoC Dimensity 1100. Meski demikian, ini merupakan prosesor pertama MediaTek yang hadir dengan konektivitas dual mmWave dan sub-6GHz 5G.

MediaTek Dimensity 1050 adalah prosesor octa-core yang dibangun menggunakan proses 6nm dan memiliki dua core ARM Cortex-A78 dengan kecepatan clock 2,5 GHz. Meskipun perusahaan belum menyebutkan inti efisiensi dari prosesor ini, namun kemungkinan besar yang akan hadir adalah enam chipset ARM Cortex-A55.

Dilansir dari Gizmochina (23/5), chipset tersebut juga mengemas ARM Mali-G610 untuk pemrosesan grafis dan memiliki dukungan untuk MediaTek HyperEngine 5.0 suite untuk menyediakan alat ukur dan fitur pengoptimalan tambahan untuk performa gim yang lebih baik.

Prosesor ini hadir dengan dukungan untuk layar resolusi Full HD+ dengan refresh rate hingga 144 Hz bersama dengan dukungan untuk decoding video AV1 berbasis perangkat keras, pemutaran HDR10+, dan Dolby Vision