MediaTek Dimensity 9200 resmi meluncur, menawarkan performa dan irit daya

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 10 Nov 2022 12:37 WIB

MediaTek pada akhirnya meluncurkan Dimensity 9200 yang dijanjikan akan hadir di smartphone pada akhir 2022 mendatang.

MediaTek pada akhirnya secara resmi meluncurkan jajaran SoC flagship baru mereka yang disebut Dimensity 9200. Mereka menyebut, SoC ini akan hadir dengan performa tinggi dan hemat daya serta mendukung jaringan mmWave 5G dan sub-6GHz.

MediaTek Dimensity 9200 menggabungkan performa terbaik dengan penghematan daya yang signifikan, memperpanjang daya pakai baterai, dan menjaga smartphone tetap dingin,” ujar Corporate Vice President dan General Manager unit bisnis komunikasi nirkabel MediaTek, JC Hsu dalam siaran pers yang diterima redaksi Tek.id (10/11).

“Dengan dukungan pengambilan gambar yang lebih cerah dan kecepatan gaming yang ditingkatkan, sekaligus peningkatan tampilan baru, Dimensity 9200 akan menghadirkan kemungkinan baru untuk smartphone generasi berikutnya yang datang dalam berbagai gaya dan bisa dilipat.”

SoC ini menggunakan Arm Cortex X2 ultra-core dengan teknologi fabrikasi 4nm yang menawarkan kecepatan operasi lebih dari 3GHz. Mereka menyebut, Dimensity 9200 merupakan SoC smartphone pertama yang menggunakan teknologi ini.

Di sisi lain, mereka juga menggunakan GPU Arm Immortalis. GPU ini disebut hadir dengan mesin ray tracing berbasis perangkat keras serta hadir dengan MediaTek HyperEngine 6.0 Gaming Technology.