Mau go digital? Kenali istilah keamanan siber berikut ini

Oleh: Zhafira Chlistina - Selasa, 26 Okt 2021 16:34 WIB

Salah satu tantangan terbesar dalam transformasi digital adalah ketersediaan talenta digital yang mumpuni. Maka dari itu, kenali istilah-istilah dalam keamanan siber.

Indonesia saat ini sedang gencar mempercepat laju transformasi digital. Apalagi, jumlah pelaku UMKM semakin hari semakin meningkat, membantu ekonomi digital yang juga merupakan bentuk transformasi digital. Namun, salah satu tantangan terbesar dalam transformasi digital ini adalah ketersediaan talenta digital yang mumpuni.

Sayangnya, tingkat kesadaran para pengguna internet di Indonesia terhadap keamanan siber masih terbilang rendah. Untuk itu, sangat penting untuk mengenal istilah-istilah ancaman di dunia digital, di bawah ini.

  • Phishing

Phising adalah bentuk penipuan di mana oknum menyamar sebagai perusahaan atau orang terkenal. Penyerang dapat menggunakan email phishing, teks, dan pesan langsung di media sosial untuk menyebarkan link berbahaya. Sebab, link akan mengambil data kredensial login atau informasi akun setelah calon korban menekan link.

  • Spam

Spam adalah jenis email tanpa izin atau unggahan yang tidak relevan, yang dikirim secara massal. Di Gmail, pesan jenis ini biasanya langsung dideteksi dan masuk ke kolom Spam.

  • Virus komputer

Virus komputer adalah suatu kode yang mampu menyalin secara otomatis dan efeknya dapat merusak. Biasanya, virus komputer ini merusak sistem atau menghancurkan data.