Malware baru serang prosesor Intel

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 15 Mei 2019 10:26 WIB

Para peneliti keamanan mengatakan bahwa mereka menemukan sebuah malware baru bernama ZombieLoad yang menyerang prosesor Intel dari tahun produksi 2011.

Prosesor Intel (Pexels)

Masih ingat serangan Meltdown dan Spectre yang banyak mengincar para pengguna prosesor Intel? Ya, kedua malware tersebut sempat membuat para pengguna komputer panik karena keduanya dikabarkan dapat mengambil data pengguna melalui celah keamanan yang ada di prosesor.

Pihak Intel pun mengaku telah menutup celah keamanan tersebut. Sayang, beberapa waktu lalu, sebuah malware yang menyerang prosesor Intel kembali ditemukan oleh para ahli keamanan.

Adalah ZombieLoad, malware baru yang mengincar para pengguna prosesor Intel. Tidak seperti Meltdown dan Spectre, malware ini dapat mengeksploitasi kelemahan desain prosesor daripada menyuntikkan kode berbahaya. 

Intel mengatakan, ZombieLoad terdiri dari empat bug yang dilaporkan para peneliti kepada pembuat chip sebulan yang lalu. Hampir setiap komputer dengan chip Intel sejak 2011 dipengaruhi oleh kerentanan tersebut.

TechCrunch (15/5/2019) melaporkan, meski menyerang prosesor Intel, pengguna prosesor AMD dan ARM tidak terpengaruhi. Tidak seperti Meltdown dan Spectre yang juga mengganggu pengguna kedua prosesor tersebut.