Lihat video teroris di YouTube? Ayo laporkan!

Oleh: Riandanu Madi Utomo - Minggu, 13 Mei 2018 14:05 WIB

Berikut adalah cara melaporkan video yang bermuatan konten negatif di YouTube, termasuk video yang berkaitan dengan terorisme

Saat ini YouTube masih menjadi situs berbagi video terbesar dunia. Dengan miliaran video yang ada di dalamnya, tidak sedikit yang mengandung konten negatif termasuk konten terorisme. Tentu ini menjadi tidak baik karena konten tersebut bisa menebar rasa takut ke masyarakat.

Meski YouTube telah memperketat penyaringan konten di platform-nya, namun masih tetap ada video dengan konten negatif yang lolos dan bisa dilihat oleh pengguna internet. Disinilah peran kita sebagai pengguna internet dibutuhkan.

Selain bisa membantu dengan tidak menyebarkan video berisikan konten negatif, Anda juga bisa membantu dengan melaporkan video tersebut. YouTube sebenarnya sudah memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk melaporkan video yang ada di dalamnya. 

Laporan nantinya akan diproses oleh pihak YouTube dan video bisa dihapus jika memang benar terdapat konten negatif. Berikut adalah langkahnya:

1. Cari tombol "Report"

Setelah menemukan video yang berisikan konten negatif, Anda bisa melaporkannya langsung ke YouTube agar segera dihapus. Caranya, pada aplikasi YouTube pilih menu "Options" yang berupa ikon titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih opsi "Report"