Lensa fixed Sony baru bisa hadirkan fokus lebih mudah

Oleh: Erlanmart - Jumat, 01 Mar 2019 08:30 WIB

Ada empat motor linear XD pada FE 135mm F1.8 G Master yang menjanjikan performa fokus lebih responsif, sunyi dan akurat. Lensa ini juga dikabarkan tahan terhadap cuaca.

Sony baru saja mengumumkan lens fixed telefoto FE 135mm F1.8 G Master yang diklaim memiliki bentuk yang ringkas dan ringan sehingga cocok digunakan untuk fotografi pernikahan, olahraga, dan potret. Dilansir dari DP Review (26/2), lensa tersebut memiliki 13 elemen yang menyertakan XA (ectreme aspherical), Super ED dan ED.

Elemen Super ED dan XA di diklaim mampu secara efektif meminimalisir distorsi. Bagian Super ED dan ED yang digunakan dalam lensa menggantikan komponen besar dan berat sehingga mampu menangani gangguan penyimpanan gambar. Dengan demikian, Sony menyatakan kombinasi tersebut mampu menampilkan hasil yang optimal.

Tidak mudah memproduksi elemen XA yang besar tanpa mengorbankan performa bokeh. Tetapi dengan hadirnya elemen lensa yang kecil maka hal tersebut dapat diatasi. Setiap elemen XA diperiksa secara individual demi menghasilkan bokeh yang mulus. Aperture yang terdiri dari 11 bilah memastikan fokus yang mulus bahkan ketika digunakan dalam angka f/4. lapisan Nano AR dari Sony digunakan untuk menanggulangi momok flare dan ghosting, sementara elemen fluorin mampu menangkal noda sidik jari.

Ada empat motor linear XD pada FE 135mm F1.8 G Master yang menjanjikan performa fokus lebih responsif, sunyi dan akurat. Lensa ini juga dikabarkan tahan terhadap cuaca. Tidak ketinggalan pula ring fokus agar dapat melakukan fokus lebih akurat ketika dilakukan secara manual. Jika pengguna memotret subjek jauh, ada pembatas fokus agar mudah melakukan fokus subjek dengan jarak lebih dekat. Sony membanderol lensa FE 135mm F1.8 G Master dengan harga USD1900 (Rp27 juta).