Lazada bimbing seller sambut Harbolnas 12.12

Oleh: Lely Maulida - Sabtu, 28 Nov 2020 22:37 WIB

Untuk menyambut Harbolnas, Lazada memperkenalkan konsep festival belanja Garbolnas atau Tiga Hari Belanja Online Nasional.

Lazada dan idEA bekerja sama webinar edukasi bertajuk untuk membantu para pelaku UMKM yang berekspansi di jalur online. Digelar melalui webinar bertajuk “Road to Harbolnas 2020: Cara Jitu Raih Transaksi Berlimpah”, upaya ini dilakukan agar pelaku UMKM dapat menjalankan usahanya secara efektif.

Data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebutkan, pertumbuhan UMKM yang membuka toko online bertumbuh dari 8 juta di tahun 2019 menjadi 9,4 juta di tahun 2020 ini dan salah satu momentum penting bagi penjual di platform online untuk meningkatkan penjualan adalah Festival Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12. Harbolnas merupakan puncak festival belanja online di Indonesia, sekaligus ajang terbesar bagi pelaku UMKM di eCommerce untuk meningkatkan penjualan mereka hingga berkali lipat.

“Di tahun 2020 ini, terdapat lebih dari 250 platform online yang mendaftar dalam festival belanja online Harbolnas yang dikawal oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA). Data dalam dua tahun terakhir menunjukkan festival Harbolnas berhasil menaikkan transaksi hingga 200%. Adanya pertumbuhan signifikan dalam kegiatan jual-beli online melalui Harbolnas memberikan ruang yang besar bagi para pelaku UMKM untuk tumbuh dan mendapat manfaat langsung berupa berbagai promo dari perbankan dan platform ecommerce maupun logistik di masa pandemi," kata Arshi Adini, Executive Director idEA.

Untuk menyambut Harbolnas, Lazada memperkenalkan konsep festival belanja Garbolnas atau Tiga Hari Belanja Online Nasional. Salah satu pendorong Garbolnas adalah komitmen Lazada dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Lazada sebagai upaya untuk menstimulasi perekonomian digital. Lazada memperpanjang periode festival belanja akhir tahun ini menjadi tiga hari untuk memastikan baik seller maupun konsumen bisa mendapatkan kesempatan lebih besar atas deal terbaik di tahun ini. 

“Lazada mempersiapkan sellers untuk menghadapi festival belanja akhir tahun 2020 Garbolnas ini dengan berbagai kegiatan. Selain melalui kegiatan rutin Lazada Club, seperti LazNongkrong, dan juga workshop dengan komunitas-komunitas sellers di kota-kota tujuan secara online," ujar Haikal Bekti Anggoro, SVP Traffic Operations & Sellers Engagement, Lazada Indonesia.