Laptop baru Asus ini tipis dan berstandar militer

Oleh: Riandanu Madi Utomo - Selasa, 04 Sep 2018 13:01 WIB

Asus ZenBook 13 UX331UAL punya ketebalan hanya 13,9 mm, bobot kurang dari 1 kg, dan sudah mengantongi sertifikasi standar militer

Asus merilis ZenBook 13 UX331UAL di Indonesia. Ia merupakan salah satu varian ZenBook yang diklaim paling ringan dan punya bodi yang sangat ringkas serta tipis. Ketebalan bodinya hanya 13,9 milimeter dan bobotnya di bawah satu kilogram, tepatnya hanya 985 gram saja. ZenBook 13 UX331UAL sendiri ditujukan untuk pengguna yang sangat mobile dan aktif.

Asus mengatakan agar bisa menghadirkan laptop yang tipis dan sangat ringan, ada dua cara yang mereka gunakan. Pertama adalah menggunakan konstruksi magnesium alloy yang sangat tingan dan penggunaan chip grafis terintegrasi untuk meminimalisir panas sehingga sistem pendingin bisa dikecilkan. Menariknya, konstruksi magnesium alloy diklaim membuat laptop ini semakin tangguh. Bahkan ia mendapatkan sertifikasi standar militer.

"Dibanding ZenBook 13 sebelumnya yang menggunakan aluminium chassis, konstruksi berbasis magnesium alloy pada ZenBook 13 UX331UAL membuatnya sangat tangguh," ujar Country Marketing Manager, ASUS Indonesia, Galip Fu. "Bahkan ia memenuhi standar military-grade MIL-STD 810G dan lolos uji daya tahan untuk memastikan kemampuannya beroperasi dalam berbagai kondisi."

Karena memiliki daya tahan yang kuat, ZenBook 13 UX331UAL juga diklaim bisa digunakan di segmen korporasi industri yang sangat mengedepankan ketahanan perangkat, meski tampilannya tidak kaku seperti kebanyakan laptop tangguh lainnya.