Laba Apple di kuartal 2 lampaui Samsung

Oleh: Lely Maulida - Kamis, 20 Sep 2018 13:20 WIB

Laporan baru yang dirilis Counterpoint Research menunjukkan Apple menyumbangkan pangsa terbesar untuk laba industri selama April - Juni lalu.

(Foto: MakeUseOf)

Apple memang tak begitu mendominasi penjualan smartphone secara globala selama kuartal kedua. Namun laporan baru yang dirilis Counterpoint Research, Apple menyumbangkan pangsa terbesar untuk laba industri selama April - Juni lalu.

Menurut Counterpoint, Apple memperoleh 62 persen laba kuartal kedua berkat penjualan smartphone. Samsung sendiri berada di posisi kedua dengan perolehan 17 persen di kuartal yang sama. Artinya, laba smartphone Apple pada kuartal tersebut mencapai 3,6 kali lipat dibanding Samsung.

Samsung tercatat mendapati penurunan profitabilitas kuartal kedua selama tiga tahun terakhir. Huawei berada di posisi ketiga dengan persentase laba persen selama kuartal kedua, disusul Oppo (5%), Vivo (4%) dan Xiaomi (3%).

Counterpoint menyebut, penyusutan laba Samsung di kuartal kedua disebabkan penuruan pengiriman smartphone hingga 21 persen. Pengiriman Galaxy S9 menyusut 24 persen dibanding pengiriman Galaxy S8 di kuartal yang sama pada 2017.