Kupas tuntas fitur baru Instagram Reels, kloningan TikTok

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 24 Jun 2021 15:40 WIB

Instagram baru saja meresmikan fitur Reels di Indonesia. Berikut penjelasan mendalam serta cara membuat video di Reels.

Platform video yang sekaligus menawarkan fitur-fitur kreatif pengeditan telah mendominasi dan mengubah cara masyarakat, terutama generasi milenial dalam berjejaring sosial. Meskipun diklaim bukan media sosial, TikTok menjadi pionir dalam menghadirkan platform video singkat yang kini digandrungi pengguna digital dari berbagai kalangan. Lalu, bagaimana dampaknya bagi media sosial mainstream?

Sejak melejitnya TikTok di tengah pandemi, Instagram berinisiasi mengembangkan fitur serupa bernama Reels. Fitur ini diluncurkan pertama kali pada Agustus 2020, dan baru saja resmi hadir di Indonesia pada 23 Juni 2021.

Reels dapat ditemukan di menu bar Instagram, di tengah-tengah antara menu Search dan Shop. Cara kerjanya pun sama dengan TikTok, yaitu dengan digeser ke atas dan ke bawah. Terlebih lagi tampilannya, dari mulai peletakkan nama akun, caption, tombol “Suka”, “Komentar”, hingga “Bagikan” sejajar dengan yang ada di TikTok.

Tidak puas rasanya jika tidak mencoba fitur baru ini. Untuk membuat Reels, Sahabat Tek dapat mencarinya di ikon +, lalu pilih Reels setelah pilihan Post dan Story. Sekilas tampilannya sama seperti hendak membuat Story, namun ada berbagai opsi pengeditan di sisi kiri layar yang hanya dapat digunakan di Reels.